Ilustrasi dari career.popbela

7 Kiat Sukses Sejak Muda Meski Tidak Pernah Kuliah

Pendidikan tinggi bukanlah tolak ukur kesuksesan kita lho. Tentunya kamu tahu orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di bangku kuliah bisa jadi orang sukses. Bingo!

Itu karena mereka mempunyai tekad yang kuat untuk meraih tujuannya. Meskipun tidak menutup kemungkian orang yang mengenyam bangku kuliah tidak bisa jadi orang sukses. Bisa kok!

Kali ini saya akan membantu kamu menjadi orang sukses tanpa harus kuliah. Tujuh hal ini bisa kamu coba, yuk kita simak!

Menjadi seorang designer          

Siapa pun bisa menjadi seorang designer termasuk kamu, tidak butuh gelar di belakang nama untuk menjadi seorang designer. Kamu hanya perlu mengasah kemampuan menggambarmu, menciptakan ide dari rancangan-rancangan yang kamu buat, atau belajar mengedit gambar dari aplikasi-aplikasi seperti CorelDraw, Photoshop dan aplikasi apa pun yang bisa mengasah kemampuan menggambarmu.

Zaman sekarang sudah canggih! Internet bisa menjadi bahan alternatif buat kamu yang ingin belajar menjadi seorang designer.

Menjadi seorang penulis? Enjoy write!

Kebanyakan dari mereka yang tidak suka menulis, berpikir bahwa menulis hanya buang-buang waktu. Eiitss! Siapa bilang? Jika kita menjalaninya dengan sepenuh hati, maka menulis tidak akan terasa berat.

Tentunya karakter di sini berperan penting yah … tuangkan apa yang menjadi karaktermu ke dalam tulisan, dan Boom! Ketika tulisanmu menarik, maka para pembaca dengan senang hati akan mampir ke blog kamu. Jangan cemas tidak ada yang ingin membaca, kuncinya adalah karakter!    

Programing komputer, bisa dicoba tuh

Buat kamu yang suka dengan dunia programing komputer, kamu bisa belajar dari dasar-dasarnya melalui buku, internet, youtube dan di mana pun!

Zaman sekarang apa sih yang nggak bisa? Kita ambil satu contoh Tanmay Bakshi laki-laki muda asal India ini, bisa dikatakan telah sukses diusia 12 tahun. Dia mendapat gaji sebesar 15 Miliyar per bulan! Kece kan?

Itu berkat dirinya yang memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap kode-kode yang ada di komputer, dia melakukan eksperimen terhadap algoritma, kode dan programing komputer pada usianya yang ke 5 tahun. Ini bisa menjadi inpsirasi untuk kita bahwa yang namanya belajar tidak mengenal batas usia. Kamu juga bisa seperti Tanmay Bakshi lho! Tentunya dengan niat yang bersungguh-sungguh yah hehe …

Photography

Kamu suka selfie? Photography paling cocok buat kamu yang suka foto-foto. Tidak perlu kamera mahal untuk mengambil gambar agar terlihat lebih elegan, cukup dengan smartphone canggihmu bisa menjeprat gambar dengan bagus dan menarik.

Kamu bisa menjadi seorang photograhpy andal! Tentunya kamu harus belajar trik-triknya agar mendapat hasil foto yang memuaskan. Again, kamu bisa mendapatkanya dari internet, buku-buku panduan yang berkaitan dengan photography.

Bloger atau vloger, mana yang kamu pilih?

Buat kamu yang percaya diri tampil di depan kamera, menjadi seorang vloger paling pas banget untuk mendukung apa yang menjadi karaktermu!

Jika videomu unik dan menarik perhatian netizen, mereka bisa membuat videomu viral dan tentunya kesempatan itu jangan terbuang sia-sia. Kamu bisa tetap terus mengoptimalkan video-video berikutnya agar tetap naik daun!

Jangan sampai ketinggalan dengan ciri khasmu yah ... karena itu yang dapat membedakan antara kamu dengan vloger lain.

Musisi, Why not? Yes I can!

Menjadi seorang musisi tidak harus kuliah di jurusan seni musik, tapi kamu bisa mendapatkannya tanpa harus kuliah. Kamu bisa belajar dari mana aja, tahukah kamu dari sekian juta musisi yang ada di dunia hanya segelintir orang yang terkenal?

Bahkan karyanya dikenang sampai akhir hayat. Balik lagi karena mereka mempunyai karakter atau ciri khas dalam bermusik. Itu juga berlaku untuk kamu yang ingin menjadi seorang musisi, tidak hanya jago dalam soal permainan alat musik. Kamu juga bisa menuangkan ide berupa sebuah perasaan kamu lewat sebuah lirik lagu.

Berwirausaha, pas banget buat kamu yang suka dagang!

Berwirausaha adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan. Banyak orang berlomba-lomba menjual produk atau barang dengan memanfaatkan media sosial sebagai mata pencaharian.

Meski tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa berwirausaha dengan membuka toko kecil-kecilan. Sedikit demi sedikit asal konsisten mengerjakan lama-lama jadi bukit lho, ya kan?

Itu dia beberapa pekerjaan yang sekiranya bisa menjadi acuan buat kamu menjadi orang sukses! Nggak kalah sama anak kulihan yah, kamu juga bisa melakukan apa yang menjadi passion-mu dalam beberapa hal di atas.

Sudah baca artikel ini? Yuk kita coba sekarang.

Oleh: Nuni Wahyuni.

Tinggalkan Balasan