pentingnya manfaat mengingat kematian

Efek Mengingat Kematian Tipis-Tipis

Allah pernah mengingatkanku pada sebuah kematian yang begitu dekat. Bahkan waktu itu hati ini sudah ikhlas jika memang waktunya nyawaku dicabut. Merelakan semua, termasuk kemungkinan hilangnya kesempatan menyucikan diri dari dosa-dosa. Ketika ditanya, “Kenapa engkau masih hidup hingga hari ini?” Maka Imam al-Ghazali menjawab, “Sebab dosaku masih banyak dan Allah izinkan aku untuk bertaubat.” [Halaman […]

kisah cinta yang pupus dan putus asa

Percayalah, Cinta itu Membaikkan! Jika Tidak, Berarti Bukan Cinta

Sudah biasa, dia begitu saja meninggalkanku yang belum selesai makan. Setelah puas mencaciku dengan kata brengsek, bangs*t atau sejenisnya. Kadang aku bertanya-tanya, apa aku memang seburuk itu? Aku terisak di pojok ruangan sebuah rumah makan yang tampak sepi pengunjung. Tadi, Kak Nurdin—pacarku—minta ditemani makan malam. Tanpa ragu, aku langsung setuju. Kurang dari sepuluh menit, dia […]

Definisi Bahagia: Memberi Batas Antara Maya dan Nyata

Happiness is the most important thing in life. Betul begitu, kan? Kayaknya enggak ada satu orang pun di dunia ini yang pengen hidupnya dipenuhi kesedihan. Malah, kalau bisa bahagia terus aja, enggak perlu ada sedih-sedihnya. Ya, kita bisa lihat sendiri buktinya, banyak hal yang dilakukan manusia untuk mencari kebahagiaan. Mengejar impian, mencari teman, mengoleksi barang-barang […]

kisah keluarga broken home

Tuhan, Gue Pengen Bokap Kembali

Teeet, teeet, teeet …. Yaaah, udah bel lagi, perasaan barusan istirahat, cepet amat, yak! Gue meracau, males banget kalo musti masuk kelas lagi sekarang. Mana abis ini fisika lagi, pelajarannya Bu Ratna. Tapi mendingan gue buru-buru masuk, daripada kena interogasi panjang bin lebar. Bu Ratna itu wali kelas gue. Dia salah satu guru terdisiplin di […]

masalah penulis dengan penerbit

Inilah 5 Masalah Penulis dengan Penerbit

Penasaran ya? Masalah apaan sih? He-he-he ….  Santai dulu, apa yang akan teman-teman baca ini bukan sesuatu yang ‘pasti terjadi’. Cuma konon kabarnya sering terjadi, lho gimana? Atau sekadar gosip saja? Semakin digosok justru semakin suiip? Coba kita tengok dulu ya. Layaknya hubungan lainnya, hubungan penulis dengan penerbit juga tak selamanya berjalan mulus. Persis seperti […]

kisah ayah yang tegas

Bapakku, Musuh Terberat dalam Hidupku

Aku dan bapakku boleh dikatakan seperti air dan minyak. Karena perbedaan masa jenis mereka tak pernah bisa bersatu. Selalu saja ada hal yang membuat kami berseteru. Baik dan buruk pasti selalu ada pada diri seorang bapak. Bapak siapapun itu. Mungkin ada pengecualian, yaitu bapak dari Sayyidatina Fatimah, baginda Muhammad SAW maupun Lukman Al Hakim. Namun, […]

kisah anak yatim yang merindukan ayahnya

Kenangan Anak Yatim yang Merindu Ayahnya

“Buk, tiba-tiba aku teringat Ayah. Dulu Ayah suka duduk di kursi ini, berhadap-hadapan dengan Ibuk, kan?”            “Kamu masih ingat, Nak? Sungguh?” Aku hanya mengangguk, menatap wajah teduh Ibuk. Entah mengapa akhir-akhir ini kerinduan untuk bertemu Ayah begitu kuat. “Padahal usiamu belum genap tiga tahun, tetapi kamu menyimpan memori tentang Ayahmu.” “Aku ingat, dulu Ayah selalu […]

kisah seorang anak yang tak akrab dengan bapaknya

Bapak yang (Tak) Dirindukan

“Mak, tamat SMA nanti aku kuliah ke Surabaya, ya?” “Halah, dak usah!” celetuk Bapak. Mendengar hal itu seperti ada yang tertancap di hatiku. Mamak langsung mengusap bahuku, memberi isyarat melalui tangannya untuk mengabaikan ucapan Bapak. *** “Bangun! Bantuin ke pasar! Heh!” Terasa tubuhku digoyang-goyangkan pakai kakinya. Aku sengaja tetap terpejam. Apa tidak bisa sekali saja […]

patah hati karena jodoh selingkuh

Mas, Aku Rela Melepasmu untuk Saudaraku

Dia selalu suka duduk berlama-lama di depan cermin, walaupun sekadar untuk menyisir rambut lurusnya. Aku selalu suka melihat itu–memandang wajah manisnya dari atas pembaringan. Rutinitas seperti itulah yang selalu kami lakukan setiap malam sebelum tidur. Sering aku bertanya pada Tuhan dalam diam. Mengapa kami berbeda? Kenapa dia terlahir dengan sangat sempurna? Bukankah kami satu rahim? […]