Ilustrasi dari career.popbela

7 Kiat Sukses Sejak Muda Meski Tidak Pernah Kuliah

Pendidikan tinggi bukanlah tolak ukur kesuksesan kita lho. Tentunya kamu tahu orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di bangku kuliah bisa jadi orang sukses. Bingo! Itu karena mereka mempunyai tekad yang kuat untuk meraih tujuannya. Meskipun tidak menutup kemungkian orang yang mengenyam bangku kuliah tidak bisa jadi orang sukses. Bisa kok! Kali ini saya akan membantu […]

Ilustrasi dari Hipwee.

Sinyal dari Allah, Pastilah Sinyal yang Terbaik

Ketika kelas 3 SMA, aku benar-benar mengubah hidupku. Aku sadar karena aku sudah tidak seperti anak kecil lagi, dan harus bersiap-siap untuk memasuki dunia sebenarnya. Keadaan ekonomi keluargaku ada di tingkatan cukup, dan aku harus berpikir bagaimana untuk menghidupi keluarga, ya karena aku anak pertama. Dari semester satu, sudah aku targetkan bahwa aku harus kuliah […]

Ilustrasi dari islamidia.

Ini Lho Manfaatnya Tadarus Al-Quran Setiap Hari

Bukan karena ramadhan telah datang maka ajakan tadarus diserukan. Bukan karena semata mengisi kesibukan maka tadarus perlu dilakukan. Jauh lebih dari itu, selain karena memang ada perintah langsung dari Allah Swt untuk membaca Al-Quran. Juga karena Rasulullah Saw telah memerintahkan kita agar memperbanyak amalan membaca Al-Quran. Sungguh di dalam membaca Al-Quran terdapat banyak sekali hikmah […]

Ilustrasi dari cdns.klimg.com

Awas, 3 Hal Ini Bisa Membuat Puasa Ramadhanmu Tidak Diterima Allah Lho

Ketika kita melakukan puasa wajib, yang kita harapkan tentu saja ridha dan barakah dari Allah. Tapi jika kita sudah capek-capek berpuasa, tapi puasa kita tidak diterima sama Allah, terus apa yang menyebabkannya? Satu hari setelah selesai shalat Idul Fitri, para sahabat mendengar rasul mengucapkan aamiin sampai tiga kali. Semua sahabat pada heran dengan baginda Rasulullah […]

Ilustrasi dari magazine.job-like.com

Waspada, Sudah Bermanfaatkah Waktumu?

Coba tebak, hal di dunia ini yang tak bisa kauhentikan? Jangan jawab langkah pacar atau mantan yang menjauh. Yang kumaksud bukan itu. Tapi hal lain, yang setidaknya sangat bermanfaat untukmu, aku, dan orang-orang yang sempat membaca narasi ini. Akan kuberi jawaban, ialah waktu yang terus saja—tanpa disadari—selalu bersamamu. Waktu senantiasa berjalan walau pada saat itu […]

Ilustrasi dari morepoems

Mantan Kamu Udah Move On? Tenang Aja, Kamu Juga Bisa Kok!

Waktu senggang memang rawan bikin hati galau, apalagi kalau tiba-tiba teringat mantan terus kita jadi kepikiran untuk stalking media sosialnya. Makin panas, pas lihat dia udah upload foto sama orang lain. Apa iya, secepat itu dia move on? Duh, gimana dong, masa dia duluan sih yang move on? Langsung dapat gebetan baru, pula. Apa kata […]

Ilustrasi dari Kompas

Kamu, Sudah Terbebas dari Pertanyaan, “Kapan Nikah?” Jangan Senang Dulu, Masih Ada Pertanyaan Selanjutnya!

“Sudah isi, Nok?” tanya Ibu Rika, tetangga sebelah rumah. “Mohon doanya, Bu,” balasku singkat. Tampaknya, pertanyaan itu menjadi pertanyaan wajib untuk hampir semua perempuan yang baru saja menikah. Uhmm, tidak tidak, aku ralat. Pertanyaan basa-basi yang ditujukan kepada hampir semua perempuan menikah tetapi belum punya momongan. Termasuk aku. Aku sudah terbebas dengan pertanyaan, “Kapan nikah?” […]

Ilustrasi dari deweezz.

Takzim Kepada Guru, Kunci Mendapat Ilmu yang Berkah

Bima adalah putra Pandhu yang terkenal sangat hormat kepada gurunya, Resi Durna. Saking hormatnya, dalam dunia pewayangan Jawa Bima memanggil Resi Durna dengan sebutan Bapak. Rasa hormatnya tidak hanya manis di bibir saja, sangat lebih dari itu, takzimnya ia tunjukkan dengan tindakan nyata. Bima tak akan rela apabila Sang Guru ada yang menyakiti. Ia akan […]

Ilustrasi dari hijabkekinian.

Beratnya Tidak Bersalaman dengan Mereka yang Bukan Mahramku

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari akan tiba. Banyak orang bersuka cita menyambutnya, tak terkecuali aku. Aku senang bulan suci yang penuh keramaian dan dielu-elukan orang akan menampakkan wujudnya. Belum juga aku membayangkan kenikmatan bulan suci itu, pikiranku sudah melompat jauh pada tiga puluh hari setelah bulan puasa. Ya, lebaran. Bukan tentang baju baru, ketupat, atau […]

Ilustrasi dari Google Image.

Jodohku, Haruskah Sebegitu Bersyarat, Ayah?

Malam itu, gerimis masih jatuh di luar. Mas Adi tak sebentar pun ingin menunggu reda, ia segera pamit. Sambil tersenyum tipis dan mengucapkan kata maaf, ia menyalami Ayah yang bersikap dingin. Aku diam seperti patung, tak mampu berbicara apapun. Aku takut melawan Ayah. Aku takut menjalani hidup tanpa ridha Ayah. Setelah pintu tertutup dan bayangan […]