Ilustrasi dari career.popbela

7 Kiat Sukses Sejak Muda Meski Tidak Pernah Kuliah

Pendidikan tinggi bukanlah tolak ukur kesuksesan kita lho. Tentunya kamu tahu orang-orang yang tidak menempuh pendidikan di bangku kuliah bisa jadi orang sukses. Bingo! Itu karena mereka mempunyai tekad yang kuat untuk meraih tujuannya. Meskipun tidak menutup kemungkian orang yang mengenyam bangku kuliah tidak bisa jadi orang sukses. Bisa kok! Kali ini saya akan membantu […]

Ilustrasi dari hijabkekinian.

Beratnya Tidak Bersalaman dengan Mereka yang Bukan Mahramku

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari akan tiba. Banyak orang bersuka cita menyambutnya, tak terkecuali aku. Aku senang bulan suci yang penuh keramaian dan dielu-elukan orang akan menampakkan wujudnya. Belum juga aku membayangkan kenikmatan bulan suci itu, pikiranku sudah melompat jauh pada tiga puluh hari setelah bulan puasa. Ya, lebaran. Bukan tentang baju baru, ketupat, atau […]

Ilustrasi dari Scontent.

Ukhti, Kalau Hijrah Jangan Setengah Hati Dong

Hijrah itu bukan proses terakhir, namun proses awal kita menjajaki hidup yang baru. Kenapa dikatakan baru? Karena setelah berhijrah ada banyak hal yang berbeda dalam hidup kita, entah gaya hidup, cara berpenampilan, pergaulan, dan cara berpikir. Ada banyak hal yang harus kita lakukan dalam proses hijrah agar kita tetap istiqamah dan tidak mudah tergiur untuk […]

Kenapa Sih Setelah Hijrah Kok Jodohku Semakin Jauh?

Ah, itu perasaan kamu aja kali ya. Bisa jadi, yang terjadi bukan begitu, melainkan setelah hijrah, kamu sibuk dengan mengaji (aktif di majelis ilmu), tidak sering berkumpul dan main dengan lawan jenis lagi, waktumu habis untuk belajar, beribadah, dan bekerja. Jadi soal jodoh tidak lagi menjadi skala prioritas utamamu. Kan jauh berbeda dengan kamu yang […]

Gimana Sih Caranya Biar Konsisten Menulis?

Sebagai penulis, saya memang tidak sehebat Mas Tasaro GK, tidak setenar Bang Tere Liye, dan tidak seproduktif Mas Ken Hanggara, tetapi entahlah selalu saja ada temen yang inbox nanya, “Mas, gimana caranya biar konsisten menulis?” Kalau mendapat pertanyaan seperti itu, beberapa kali saya sampaikan, “Coba tanya ke Mas Ken Hanggara, dia produktif banget. Atau juga […]

Ke mana Perginya Lagu-Lagu Anak Itu?

Sore itu saya kaget betul ketika mendengar seorang anak—usia sekitar delapan tahun—menyanyi lagu ini: Yo wis ben, duwe bojo sing galak Yo wis ben, sing omongane sengak Seneng nggawe aku susah Nanging aku wegah pisah Begitu ya kira-kira lirik lagu yang lagi ngehits banget di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tidak hanya satu anak lho, tapi […]

Mantannya Sahabat Ngajak Nikah? Duh, Gimana Nih?

Usia remaja mengenal cinta memang bisa membawa hidup kita menuju ruang yang dipenuhi dilema. Ada-ada saja kisah yang harus dilewati, ada saja hal yang membuat hati ini galau. Dalam situasi ini, memilih bukan saja asal main tunjuk. Di belakang setiap pilihan, ada perjalanan terjal yang mungkin akan melukai hati kita sendiri atau hati orang lain. […]

Kamu Sudah Berjilbab, Tapi Masih Digoda Laki-Laki? Inilah Sebabnya ….

Jilbab dikenakan sebagai fungsi identitas agama dan menjaga diri setiap muslimah. Sebab bagi muslimah, mengenakan jilbab adalah hal yang wajib, bukan sebuah pilihan hidup. Meski jilbab dan sikap adalah dua hal berbeda dan bukan satu kesatuan, namun sebagai muslimah yang berjilbab kita harus belajar untuk tidak hanya menutup aurat tapi juga memperbaiki sikap kita. Sehingga […]

Ketika Orangtua Tidak Setuju dengan Hijrahmu

Tidak selamanya niat dan perbuatan baik disambut baik pula oleh orang-orang. Adakalanya kita harus berusaha lebih keras agar kebaikan bisa diterima di tengah masyarakat. Seperti halnya saat berhijrah, tidak semua orang akan mendukung. Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji […]

Wanita Single hingga Tutup Usia, untuk Siapa Hartamu?

“Hai buat apa kamu cape-cape bekerja? Suami tidak ada, anak juga tidak ada? Terus untuk siapa harta yang kamu kumpulkan itu?” Beberapa pertanyaan seperti ini biasanya dilontarkan kepada seorang wanita yang masih single. Kalau diperhatikan benar juga pertanyaan ini. Seorang wanita single yang mempunyai pekerjaan dengan pendapatan yang lumayan besar pastinya juga bingung menghabiskan uang […]