cara agar tidak plagiat

Plagiat Lagi … Plagiat Lagi. Mau Sampai Kapan? Malu Dong Ah!

Coba kita kaji lebih dalam, “Kenapa masih ada (ngakunya) penulis, tetapi tega mengakui tulisan orang lain sebagai tulisannya sendiri?” Budaya copas (copy lan paste) semakin menggurita setelah teknologi internet berkembang. Tapi kita tidak bijak kalau menyalahkan teknologi, ya? Ini soal mental seseorang yang ingin hasil (karya) instan. Orang—yang ngakunya penulis—gegabah menyusun tulisan orang lain tanpa […]

cara memilih kos-kosan

Inilah 11 Tips Memilih Kos-Kosan yang Terbaik

Menjadi anak kos itu ada enaknya dan ada tidak enaknya. Enaknya itu jika ada keluarga di kota tersebut, tapi tidak enaknya ketika tidak ada keluarga di kota itu, jadi kita harus bener-bener bisa mandiri dalam segala hal.   Selain mandiri, kita juga harus bisa menjaga diri sendiri, jaga kesehatan, mengatur keuangan dengan baik, dan jangan […]

jomblo adalah prinsip bukan nasib

Jomblo, Bersiaplah! Kamu Memasuki Musim Nikah

“Tuh, tuh. Doi datang,” celetuk Mela sambil menaik-turunkan alisnya. Aku mengarahkan pandangan mataku ke pintu masuk kafe. Kudapati seorang perempuan yang wajahnya tak lagi asing. Perempuan itu melambaikan tangan setelah menyadari keberadaan posisi duduk kami, aku dan Mela. “Aaaak. Akhirnya kita ketemuan juga, girls!” suara Anya terdengar nyaring. “Halah, baru bulan lalu kita kumpul.” Celetuk […]

cara cepat menjadi penulis

3 Cara Agar Naskah Novel Kamu Cepat Terbit!

Jujur ya, dibandingkan penulis buku nonfiksi, penulis novel fiksi jauh lebih berat perjuangannya. Serius ini. Kok bisa? Apalagi temen-temen penulis yang ikut jalur reguler: mengandalkan garapan novelnya dan hendak diterbitkan penerbit mayor. Ini saya kasih sedikit bocoran ya. Andai di meja redaksi dalam satu minggu mendapat kiriman naskah nonfiksi sebanyak 25 naskah, itu dalam waktu […]

kesalahan penulis pemula banget

5 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Penulis Pemula

Peringatan: tulisan ini mengandung nyinyiran setajam silet, jika gampang baper mending baca artikel lain. Hayoo, siapa yang sudah kebelet banget pengin punya buku? Biar disebut penulis, ya? Entah apa sih enaknya jadi penulis, sehingga begitu banyak banget peminatnya yang kian tumbuh di tiap harinya. Nah, untuk kamu yang mau menjadi seorang penulis beneran, ada beberapa […]

profesi generasi milenial anak zaman now

Ini Lho Alasan Anak Zaman Now Tidak Harus Kerja Kantoran

Pada zaman yang serba canggih ini, semua pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Gaya hidup dan pola bekerja berpindah-pindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya dianggap lebih berguna. Cara bekerja yang lebih kekinian sudah tidak berpatok waktu, karena kerja pada zaman sekarang ini lebih banyak menggunakan smartphone dan bisa kapan pun, di mana […]

ciri-ciri orang yang suka bohong

Inilah Ciri-Ciri Orang yang Suka Berbohong

Memiliki kemampuan untuk mendeteksi kebohongan dari diri seseorang itu memang sangat penting bagi kita. Seseorang yang suka berbohong pada umumnya tidak disukai oleh orang yang berada di sekelilingnya. Kita wajib waspada kepada orang yang sering berbohong agar kita terhindar dari kedustaannya, jangan sampai diri kita, keluarga kita, teman-teman kita menjadi korbannya. Kebohongan seseorang akan menimbulakan […]

kenapa anak muda kudu melek politik

Ini Alasannya Kenapa Anak Muda Kudu Melek Politik

Hampir semua negara menerapkan sistem demokrasi, sistem ini merupakan titik terbaik dan stabil dari suatu system politiknya. Setiap individunya mempunyai hak untuk menentukan pemimpin mereka. Setiap individu juga memiliki hak untuk menyampaikan aspirasinya terhadap pemerintah. Tanpa adanya partisipasi rakyat, maka demokrasi di suatu negara tidak akan berjalan dengan baik. Rakyat sebagai penggerak jalannya demokrasi yang […]

aturan jadi panitia qurban dan pembagian dagingnya

Inilah Etika Penting Kalau Kamu Mau Jadi Panitia Kurban

Mendekati hari raya Idul Adha seperti sekarang ini, akan banyak bermunculan panitia kurban yang siap menerima, memotong dan menyalurkan daging dari hewan sembelihan. Para panitia itu bisa dari takmir masjid, komunitas atau lembaga sosial yang berangkat dari niat baik yang sama yaitu menyukseskan ibadah kurban. Nah, untuk mewujudkan tujuan mulia itu, hendaknya panitia kurban memiliki […]

Cara Menjaga Kulit Wajah Tetap Mulus Tanpa Jerawat

Cara Menjaga Kulit Wajah Tetap Mulus Tanpa Jerawat

Bagi beberapa orang, munculnya jerawat sering kali membuat kita tidak percaya diri dan menyebalkan. Namun, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa jerawat juga bisa memicu depresi. Studi tersebut yang dipublikasikan di British Journal of Dermatology, melakukan penelitian pada 134.427 pria dan wanita berjerawat dan 1.731.608 orang tanpa jerawat selama 15 tahun! Peserta dalam penelitian berusia 7-50 […]