Ilustrasi dari islamidia.

Ini Lho Manfaatnya Tadarus Al-Quran Setiap Hari

Bukan karena ramadhan telah datang maka ajakan tadarus diserukan. Bukan karena semata mengisi kesibukan maka tadarus perlu dilakukan. Jauh lebih dari itu, selain karena memang ada perintah langsung dari Allah Swt untuk membaca Al-Quran. Juga karena Rasulullah Saw telah memerintahkan kita agar memperbanyak amalan membaca Al-Quran. Sungguh di dalam membaca Al-Quran terdapat banyak sekali hikmah […]

Ilustrasi dari cdns.klimg.com

Awas, 3 Hal Ini Bisa Membuat Puasa Ramadhanmu Tidak Diterima Allah Lho

Ketika kita melakukan puasa wajib, yang kita harapkan tentu saja ridha dan barakah dari Allah. Tapi jika kita sudah capek-capek berpuasa, tapi puasa kita tidak diterima sama Allah, terus apa yang menyebabkannya? Satu hari setelah selesai shalat Idul Fitri, para sahabat mendengar rasul mengucapkan aamiin sampai tiga kali. Semua sahabat pada heran dengan baginda Rasulullah […]

Ilustrasi dari magazine.job-like.com

Waspada, Sudah Bermanfaatkah Waktumu?

Coba tebak, hal di dunia ini yang tak bisa kauhentikan? Jangan jawab langkah pacar atau mantan yang menjauh. Yang kumaksud bukan itu. Tapi hal lain, yang setidaknya sangat bermanfaat untukmu, aku, dan orang-orang yang sempat membaca narasi ini. Akan kuberi jawaban, ialah waktu yang terus saja—tanpa disadari—selalu bersamamu. Waktu senantiasa berjalan walau pada saat itu […]

Ilustrasi dari morepoems

Mantan Kamu Udah Move On? Tenang Aja, Kamu Juga Bisa Kok!

Waktu senggang memang rawan bikin hati galau, apalagi kalau tiba-tiba teringat mantan terus kita jadi kepikiran untuk stalking media sosialnya. Makin panas, pas lihat dia udah upload foto sama orang lain. Apa iya, secepat itu dia move on? Duh, gimana dong, masa dia duluan sih yang move on? Langsung dapat gebetan baru, pula. Apa kata […]

Ilustrasi dari Instagram.

Sayangnya, Kita Tak Sungguh-Sungguh Menatap Langit

Ada begitu limpah ruah karunia yang diberikan Allah kepada kita setiap saat, kita tahu itu. Ada begitu jubel petolongan dan perlindungan yang disulurkan Allah kepada kita setiap waktu, kita pun tahu itu. Ada begitu sesak isyarat-isyarat yang dihamparkan Allah kepada kita setiap masa, kita pun sangat pasti tahu itu. Lalu, apa balasan patut kita padaNya? […]

Inilah 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Mudah Depresi

Selama masih hidup, manusia pasti memiliki masalah. Tidak menampik masalah itu besar atau kecil. Dari masalah yang ada, kadang seseorang hanya sibuk bahkan pusing memikirkannya saja. Ada juga yang memikirkan sekaligus berputus asa karenanya. Karena masalah, seseorang bisa menjadi stres bisa juga depresi. Lah, kok bisa stres dan depresi. Memangnya, keduanya berbeda? Bukannya stres dan […]

Ilustrasi dari Hipwee.

Apakah Uang Bisa Menggantikan Kasih Sayang Seorang Ayah?

Apakah kalian sudah merasakan kasih sayang dari seorang ibu atau ayah? Atau malah tidak sama sekali? Nah, kesempatan ini saya akan menuliskan tentang impian seorang anak yang sangat berharap mendapatkan kasih sayang dari seorang ayah. Mungkin kita bisa bahagia dengan uang, artinya jika kita mempunyai uang lebih, kita bisa jalan-jalan, belanja, refreshing yang sekiranya bisa […]

Hijrahkan Diri Sendiri Sebelum Menghijrahkan Orang Lain

Orang-orang yang baru berhijrah pasti merasakan sama dengan apa yang kurasakan. Aku ingin mengubah lingkungan yang tidak kondusif pergaulannya secara Islami, namun sayangnya aku terlalu takut untuk membagikan nasihat kebaikan. Takut dibilang sok alim atau kata lainnya yang memekakkan telinga. Aku menginginkan orang-orang di sekitar mengikuti jalan hijrahku dalam waktu yang singkat, sayangnya aku lupa […]

Hidup Terasa Semakin Sumpek, Pikiran Kacau, Hati Galau? Inilah Solusinya

“Apa saja kembali kepada Al-Quran. Perasaan sempit, rezeki kurang, rumah tangga cekcok, negara kacau, baca Al-Quran maka akan turun inayah Allah. Nangis dengan Al-Quran. Kalau baca Al-Quran itu lebih dari doa. Kita baca Al-Quran sama dengan kita ngomong kepada Allah. Allah Maha Tahu dengan maksud kita, ndak usah kita minta.” Kalam Habib Muhammad Mahdi Bin […]

Kalau Kamu Dijahati Orang Lain? Mau Dibalas atau Dimaafkan Saja?

Siapa di antara kita yang tidak pernah merasakan sakit hati atau tersinggung karena sikap seseorang. Pasti kebanyakan dari kita pernah merasakannya. Lalu apa yang kita lakukan ketika hati kita tersakiti? Mungkin semua jawaban akan sama yaitu marah. Terkadang kita tidak dapat mengendalikan kemarahan. Apalagi orang yang menyakiti hati kita adalah orang yang paling dekat dan […]