pengin sukses wirausaha sejak muda

Pengin Sukses Sejak Muda? Begini Caranya

Setiap pemuda pasti mengharapkan hidup dengan kesuksesan. Menjalani kehidupan dengan cara berbeda dari kebanyakan para pemuda yang bangga dengan identitasnya. Perkara identitas yang bisa saja diwarisi oleh orang tua, semisal harta, kemewahan, dan ketampanan, atau identitas yang melekat pada diri sejak lahir seperti bersifat ego, enggan bermasyarakat, kemalasan, atau lainnya. Namun, kesuksesan yang akan terasa […]

Ngebet Dakwah? Sampeyan Hanya Perlu Belajar Cuek

Telah benar-benar ditegaskanNya dalam al-Qur’an (bahkan tidak hanya dalam satu ayat) bahwa Dia sendiri yang tak menginginkan semua kita menjadi satu umat yang beriman kepadaNya dan beribadah dengan taat kepadaNya dan melulu berbuat kebaikan-kebaikan di dunia ini. Lha, Allah saja telah memutuskan begitu, kenapa ada di antara kita yang ngotot banget hendak menjadikan dunia seisinya […]

cara move on dari mantan

Calon Kamu Beda Banget Sama Mantan? Stop Bandingin Mereka!

Menetapkan kriteria pasangan ideal sih, sah-sah saja. Apalagi kalau untuk sehidup-sesurga, kita enggak mungkin asal pilih pasangan. Alhamdulillah, kalau ujungnya mendapatkan sosok yang pas. Enggak begitu jauh dari yang kita harapkan. Sayangnya, ternyata kok belum berjodoh. Malah, datang orang lain yang lebih siap menemani kita menjemput masa depan. Tapi, kok beda ya, sama si dia […]

inilah rahasia di balik setiap ujian hidup kita

Inilah Rahasia di Balik Setiap Ujian Hidup Kita

Ini kisah tentang dua pekerja yang sedari pagi hingga sore telah menguras energi untuk bekerja di sebuah rumah mewah. Sebut saja nama mereka: Si A dan Si B. Kisah ini dimulai ketika keduanya hendak pulang, sebab memang hari sudah sore, matahari sudah berada di kaki langit sebelah barat sana. Tetapi, tiba-tiba sang majikan berseru kepada […]

remaja broken home bisa sukses

Keluarga Kamu Broken Home? Kamu Tetap Bisa Sukses Kok, Begini Caranya.

Siapa sih di sini yang nggak tahu apa itu broken home? Bicara soal broken home biasanya yang terlintas adalah anak-anak yang orangtuanya bercerai, tapi ternyata keluarga yang utuh tidak menjamin anak-anak mereka terhindar dari broken home, lho. Nah, di sini kita akan mengenali lebih jauh penyebab perilaku-perilaku menyimpang anak-anak dari keluarga lengkap baik ketika mereka […]

hikmah kisah karun dalam al-Quran

Harta Karun: Waspadalah Jika Kekayaan Membuat Kita Semakin Dekat pada Kemaksiatan

Pagi ini saya ikut jamaah shalat Subuh di Masjid Agung, Sumenep–kampung halaman. Tiba-tiba, seusainya, saya berpapasan dengan Karun. Ya, Karun yang namanya diabadikan dalam al-Qur’an dalam surat al-Qashash: Sesungguhnya Karun termasuk kaum Musa, ia berlaku aniaya terhadap mereka dan Kami telah menganugerahkan kepadanya harta-harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) […]

cara bangkit dari kegagalan

Apa Kamu Alami Fobia Tentang Kegagalan?

Kalau kita berbicara mengenai kegagalan, semua orang pasti tidak ingin mengalaminya. Namun, sebetulnya beberapa keberhasilan seringkali diraih melalui kegagalan. Cerita ini mungkin bisa menjadi contoh, sebuah pelajaran tentang keberanian untuk mencari jalan keluar dari kegagalan. Suatu ketika, seorang pemuda pulang dari Mesir setelah menyelesaikan kuliahnya di Mesir. Berbekal ijazah dari sebuah universitas ternama di Cairo, […]

ciri-ciri seorang pemimpin sejati

Inilah Ciri-Ciri Pemuda yang Cocok Menjadi Seorang Pemimpin

Menjadi pemimpin tidaklah mudah, karena untuk menjadi seorang pemimpin membutuhkan usaha dan perjuangan yang sangat keras. Bahkan bisa mengalahkan kerasnya batu. Jika batu yang keras bisa dipecahkan selama satu jam, tetapi kerasnya perjuangan untuk mendapatkan gelar pemimpin membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya. Tapi ada pula yang sejak lahir sudah tampak sifat kepemimpinan. Nah, apa yang dimaksud […]

arti cinta sejati

Cinta Itu Suci, Maka Jagalah Kesuciannya

Aku bukanlah orang yang mudah untuk jatuh cinta. Bukan pula perempuan yang sering mengikrarkan diri dalam sebuah rasa yang bernama ‘Pacaran’. Bahkan sekalipun tak pernah. Dan aku tak ingin mencobanya. Aku ingin membawa rasa cinta yang suci ini ke surga bersamanya kelak. Bukan malah sebaliknya. Bagiku tak ada yang salah dengan semua itu. Karena sudah […]

jomblo-jomblo bahagia

Jujur Lho Ya, Sudahkah Merdeka Hatimu?

Apa kabar, Netizen? Uhuk, maksudku untuk hatimu di 73 tahun merdekanya Indonesia. Jomblo, ya? Sudah merdeka belum, nih? Tenang, kalem-kalem aku cuma bertanya, kok. Emang yang bertanya sudah merdeka?! Kok masih sendiri? Kok masih jomblo?! *Benerin kerah baju* Begini para generasi milenial. Kita lihat arti dari kata merdeka terlebih dahulu, ya. Menurut KBBI, merdeka berarti: […]