Inilah 6 Tips Supaya Kamu Tetap Semangat dan Bahagia Meski Sudah Tanggal Tua

Mendekati tanggal tua seringkali identik dengan kegalauan dan tidak semangat. Baik itu karena bosan sudah bekerja dari awal bulan, stok makanan yang sudah menipis, dan yang pasti dompet yang ikut menipis. Eh, maksudnya uang kamu, ya.

Uang yang menipis di tanggal tua, sering banget bikin orang jadi badmood. Efeknya, tak jarang tidak bekerja optimal sebagaimana hari-hari di tanggal muda. Kebayang, kalau itu jadi kebiasaan semua orang?

Misalnya, seorang Pegawai Negeri yang mendadak malas kerja, menunda pekerjaan, karena dompetnya yang menipis? Gak pengin kan, kamu jadi nggak profesional karena hal itu? Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu teman-teman ketahui biar tetap semangat meski sudah tanggal tua:

Ubah pola pikir materialisme

Well, kita memang manusia yang membutuhkan uang ya. Tapi, jangan jadikan uang sepenuhnya tujuan hidup. Yang jadi Guru, bekerjalah karena dedikasi penuh untuk mengajar. Sehingga, pas tanggal tua, meski pun kejadian dompet menipis, ia tidak akan mengeluh. Karena prinsip tujuan dia bukan materi semata. Justru, ia akan memacu kinerjanya. Itu hanya contoh saja, Untuk kamu yang pegawai kantor, dan lainnya pun patut diperhatikan.

Sederhanakan hidup, jangan gedein gaya hidup

Ya, manusia modern saat ini, seringkali lebih tergoda mementingkan gaya. Padahal, tak jarang hanya karena ingin tampil keren, trendy, fashionable, di depan teman-teman kamu, kamu jadi boros. Gaji kamu di bulan lalu, hanya untuk memenuhi gaya hidup yang tidak dibutuhkan. Yuk, mulai sederhanakan hidup.

Atur skala prioritas keuanganmu

Setelah keinginan untuk beralih meninggalkan gaya hidup yang gak perlu, kamu juga harus nentuin nih mau diapakan uang gaji bulananmu, agar efektif. Kamu perlu bikin skala prioritas keuangan kamu nih. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder, sampai untuk menabung. Atur juga pengeluaran kamu, jadi kamu juga bisa pantau ke mana saja uang yang kamu dapat dalam sebulan itu.

Mulai investasi kecil-kecilan

Menjadi karyawan swasta, PNS, atau bahkan kamu yang masih kuliah, tentu hal ini bisa dicoba untuk mengurangi kegalauan dompetmu yang menipis, di tanggal tua. Ya, investasi. Gak harus besar kok. Bisa dimulai dengan menabung untuk kemudian dibelikan emas—buat investasi kamu kalau suatu saat ada kebutuhan mendesak, atau bisa salurin bisnis kecil-kecilan, yang sesuai passionmu.

Refreshing, yuk!

Liburan tak hanya nunggu gaji bulanan kamu turun, atau pas lagi banyak bonus. Kamu bisa tetap merefresh diri kamu dengan hal-hal yang positif, tapi tak menguras isi kantongmu. Bisa ke tempat wisata yang asri, yang murni keindahan-keindahan alamnya yang kamu butuhin buat refresh diri, bisa ke pantai, atau taman dekat rumah? Well, asal gak ke mall aja, ya? Eh … malah belanja lagi. Bisa gagal ubah gaya hidup nih. Hehe …

Mulai membiasakan diri berbagi

Sharing is caring. Kalimat yang fenomenal kan? Kamu pasti sering mendengarnya. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa hubungannya berbagi ke orang lain dengan tips biar semangat di tanggal tua? Eits … jangan salah. Justru hal ini yang perlu banget kamu lakukan. Dengan berbagi, banyak hal yang bisa kamu dapatkan. Membiasakan diri sedekah ke orang yang tidak mampu, itu akan banyak timbal balik yang positif.

Kamu jadi peka terhadap orang-orang yang belum seberuntung kamu. Gak mesti dengan uang, bisa tenaga dan apa saja untuk berbagi kebaikan dengan orang lain. Jadi, kamu akan lebih bersyukur, dan tidak menyia-nyiakan uang serta bikin akhir bulanmu tetap bahagia, karena kamu telah berbuat kebaikan kepada orang lain.

Oleh: Siti Rokhanah.

Tinggalkan Balasan