DUNIA

TRENLIS.CO
Selamat datang di Dunia Trenlis.co, sebuah ruang yang bakal membuatmu menemukan teman setia dalam hidup.

Ternyata, Hijrah karena Cintanya Hanya Membuatku Merana

GEDUNG UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) siang itu mendadak ramai. Pengurus beberapa UKM berkumpul untuk mempersiapkan acara display bagi mahasiswa baru. Mereka berkelompok sesuai dengan UKM masing-masing. Tercatat ada lima macam UKM di fakultasku. Ada yang bergerak di...

Duhai Lelaki, Sejauh Apa Komitmenmu tentang Pernikahan?

AKU menatap layar monitor komputer kerjaku sambil berkipas-kipas dengan buku tipis. Kondisi sebenarnya, mesin pendingin ruangan sedang tidak berfungsi sementara di luar cuaca panas. "Loading terus kapan selesainya kerjaan ini?" keluhku karena jaringan sedang terganggu...

Siapa pun Bisa Belajar Bahasa Inggris di Hari Kamis

TADINYA saya tak pernah tahu, ada orang-orang yang bekerja dalam sempitnya kesempatan untuk menumbuhkan mimpi-mimpi orang lain. Mimpi yang diinginkan oleh banyak orang, tapi biasanya memerlukan kocek tebal, yaitu belajar bahasa Inggris. Di sini, beliau menggabungkan...

Dari Sampah, untuk Cinta yang Lebih Besar

KAMI sama-sama tergelak. Ibu muda di hadapanku ini tertawa karena mengenang suatu kejadian, sedangkan aku terkekeh karena bahasa tubuh dan mimik wajah beliau yang kocak. Pembawaannya yang supel, ramah, penuh semangat dan ekspresif membuat penuturan kisahnya jadi...

Dia Menginspirasi dengan Karya dan Kinerja, Bukan Sekadar Omong Doang!

MUSIM penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil baru saja berakhir. Banyak yang kecewa, karena belum berhasil, tapi banyak juga yang bahagia atas pencapaiannya diterima sebagai CPNS tahun ini. Menjadi bagian dari sekitar 4,5 juta orang dengan status Pegawai Negeri Sipil...

Tak Harus Berilmu Dulu untuk Bermanfaat bagi Orang Lain

Mbah Dar, begitulah orang-orang memanggilnya. Seorang duda yang rambutnya sudah memutih sempurna. Aku baru mengenal beliau beberapa bulan yang lalu. Bukan terpaksa mengenalnya karena sebuah tugas, melainkan beliau pemilik kontrakan yang tengah kutempati. Laki-laki...

Jangan Ragu untuk Merantau, Rezeki Justru Makin Bertambah

Salatiga, 2016 Tahun merantau yang membuat berat saat itu ialah tak adanya kendaraan pribadi. Angkot sih banyak, tapi harus ekstra sabar nungguin mangkal yang cukup lama. Pun, datangnya angkot yang tidak pasti pada jam-jam tertentu. Sering sekali telat masuk kuliah...

Beliau yang Menanamkan Kebaikan-Kebaikan Tanpa Kenal Lelah dan Batas Waktu

Pak Giyar (panggilan akrab Pak Giyarno) tinggal di Dusun Banombo, Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Gunungkidul. Untuk sampai ke sana, aku harus melewati jalan cor sejauh dua kilometer. Itu pun setelah menerabas jalan aspal yang menghubungkan jalan utama dengan...

Wahai Pemuda, Belajarlah dari Sosok Penggerak Sekolah untuk Anak Pemulung Ini

UNTUK tahu sekontras apa kondisi ibu kota, cobalah sesekali datangi kampung-kampung pemulung di Jakarta. Di balik gedung-gedung megah yang pongah, rumah-rumah reot berdinding kayu triplek kombinasi terpal, kayu sisa, seng, bahkan kardus berdiri sekuat tenaga menerjang...

Kami Sungguh Kehilangan Sosokmu, Mbah

HARI itu, langit Ngaliyan tampak mendung. Awan bergelayut menantang mentari yang harusnya bersinar cerah. Seolah mereka turut bersedih mengiringi kepergian seseorang yang begitu berjasa di perumahan ini. Serombongan tamu tampak datang dan pergi dari sebuah rumah...

Ternyata, Hijrah karena Cintanya Hanya Membuatku Merana

GEDUNG UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) siang itu mendadak ramai. Pengurus beberapa UKM berkumpul untuk mempersiapkan acara display bagi mahasiswa baru. Mereka berkelompok sesuai dengan UKM masing-masing. Tercatat ada lima macam UKM di fakultasku. Ada yang bergerak di...

Duhai Lelaki, Sejauh Apa Komitmenmu tentang Pernikahan?

AKU menatap layar monitor komputer kerjaku sambil berkipas-kipas dengan buku tipis. Kondisi sebenarnya, mesin pendingin ruangan sedang tidak berfungsi sementara di luar cuaca panas. "Loading terus kapan selesainya kerjaan ini?" keluhku karena jaringan sedang terganggu...

Dia Menginspirasi dengan Karya dan Kinerja, Bukan Sekadar Omong Doang!

MUSIM penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil baru saja berakhir. Banyak yang kecewa, karena belum berhasil, tapi banyak juga yang bahagia atas pencapaiannya diterima sebagai CPNS tahun ini. Menjadi bagian dari sekitar 4,5 juta orang dengan status Pegawai Negeri Sipil...

Tak Harus Berilmu Dulu untuk Bermanfaat bagi Orang Lain

Mbah Dar, begitulah orang-orang memanggilnya. Seorang duda yang rambutnya sudah memutih sempurna. Aku baru mengenal beliau beberapa bulan yang lalu. Bukan terpaksa mengenalnya karena sebuah tugas, melainkan beliau pemilik kontrakan yang tengah kutempati. Laki-laki...

Jangan Ragu untuk Merantau, Rezeki Justru Makin Bertambah

Salatiga, 2016 Tahun merantau yang membuat berat saat itu ialah tak adanya kendaraan pribadi. Angkot sih banyak, tapi harus ekstra sabar nungguin mangkal yang cukup lama. Pun, datangnya angkot yang tidak pasti pada jam-jam tertentu. Sering sekali telat masuk kuliah...

Wahai Pemuda, Belajarlah dari Sosok Penggerak Sekolah untuk Anak Pemulung Ini

UNTUK tahu sekontras apa kondisi ibu kota, cobalah sesekali datangi kampung-kampung pemulung di Jakarta. Di balik gedung-gedung megah yang pongah, rumah-rumah reot berdinding kayu triplek kombinasi terpal, kayu sisa, seng, bahkan kardus berdiri sekuat tenaga menerjang...

Kami Sungguh Kehilangan Sosokmu, Mbah

HARI itu, langit Ngaliyan tampak mendung. Awan bergelayut menantang mentari yang harusnya bersinar cerah. Seolah mereka turut bersedih mengiringi kepergian seseorang yang begitu berjasa di perumahan ini. Serombongan tamu tampak datang dan pergi dari sebuah rumah...

Sahabat Itu yang Mengajak pada Kebaikan, Bukan Keburukan

AKU membuka pintu kos dengan sangat hati-hati. Lalu melangkah pelan dengan setengah berjinjit menuju kamar. Aku yakin perempuan itu sedang tertidur pulas setelah seharian lelah bekerja. Tetapi sayang, keyakinanku salah, sebab Mbak Dina enggak ada di kamar. Ke mana...

Kala Apes Mendera, Jalani Saja Bro!

KALI ini gue mau cerita tentang hari apes gue. Jangan bilang bahwa semua hari itu baik, tidak ada hari yang jelek apalagi hari apes. Okelah, gue mau cerita hari sial gue. Masih enggak boleh? Baiklah, gue mau ngomongin tentang hari ketidakmujuran gue hari ini. Yah,...

Kisah Inspiratif: Pejuang Dunia Anak Asal Belgia yang Betah Tinggal di Yogyakarta

SEBELUM masuk pada pengenalan sosok kali ini, aku ingin bercerita sedikit, nih. Aku mengenal nama orang yang akan dibahas ini, dari novel ‘Karena Aku Tak Buta’ karya Redy Kuswanto. Dari sana, aku mendapatkan ide untuk mengenalkannya kepada kalian, akan sosok yang...

Kami Sungguh Kehilangan Sosokmu, Mbah

HARI itu, langit Ngaliyan tampak mendung. Awan bergelayut menantang mentari yang harusnya bersinar cerah. Seolah mereka turut bersedih mengiringi kepergian seseorang yang begitu berjasa di perumahan ini. Serombongan tamu tampak datang dan pergi dari sebuah rumah...

Kala Apes Mendera, Jalani Saja Bro!

KALI ini gue mau cerita tentang hari apes gue. Jangan bilang bahwa semua hari itu baik, tidak ada hari yang jelek apalagi hari apes. Okelah, gue mau cerita hari sial gue. Masih enggak boleh? Baiklah, gue mau ngomongin tentang hari ketidakmujuran gue hari ini. Yah,...

Kisah Inspirasi dari Muslimah Pejuang Literasi

SAYA selalu punya pertanyaan tentang definisi bahagia, apakah benar bahwa bahagia itu lahir karena kita memiliki sesuatu? Tetapi, semakin saya mencari tahu, saya menemukan satu hal: bahwa memiliki saja tidak cukup membuat rasa bahagia itu jadi sempurna. Berbagi, iya...

Kamu Boleh Pergi, Tapi Jangan Seperti Ini

“Kalau ke pantai selatan jangan memakai baju biru,” ucap Ibu lirih. “Emang kenapa, Bu?” tanyaku heran. “Banyak orang yang memakai baju biru, hanyut dan menjadi abdi dalem Ratu Laut Selatan,” ujar orangtuaku satu-satunya itu. “Abdi dalem?” “Iya. Semacam anak buah...

Drama Tongpes dan Celana Gunung

KAMU pernah tongpes? Oya, tongpes itu kantong kempes alias lagi enggak ada duit. Orang bilang, tongpes itu nyebelin, bikin bête, merana dan yah, pokoknya nggak enak banget. Tapi bagiku, yang udah terbiasa tongpes, ya biasa aja. Em, tapi, sebiasa-biasanya aku karena...

Facebook Comments

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled. Dismiss

error: Content is protected !!